Tadarus Filsafat

Sabtu (8 April 2023), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Aqidah dan Filsafat Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta telah berhasil melaksanakan salah satu program kerjanya di bulan Ramadhan.

Kegiatan ini diberi nama Tadarus Filsafat, dengan mengusung tema ‘Mencapai Kesempurnaan Dibulan Ramadhan Perspektif Al-Ghazali’. Tidak hanya mengusung tema tentang bulan suci Ramadhan, kegiatan Tadarus Filsafat ini juga ikut membawa nama imam besar umat muslim yaitu Al-Ghazali sebagai landasan dalam ber-teori.

Dalam usaha menyukseskan kegiatan Tadarus Filsafat ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Aqidah dan Filsafat Islam, turut menggandeng pemateri yang sangat luar biasa. Beliau adalah bapak Raha Bistara, S.Ag., M.Ag. selaku dosen filsafat di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Dalam penyampaian materinya, pak Raha menjelaskan bahwa untuk menjadi manusia yang sempurna menurut Al-Ghazali ada dua syarat, yakni:

  1. Menjadi penyalur doa orang awam, dan
  2. Menjaga Keseimbangan Alam.

Selain itu juga pak Raha menyampai bahwa untuk mencapai level Makrifat kita juga harus mampu dalam:

  1. Mengenali diri sendiri
  2. Mengenali tuhannya
  3. Mengenali realitas yang ada, dan
  4. Mengenali alam metafisika

Kegiatan yang di selenggarakan di Gedung C Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) tepatnya di ruang C.1.05 ini terlaksana pada pukul 16.00 dan selesai menjelang berbuka. Tidak hanya sampai disitu saja, dari pihak Panitia Pelaksana juga telah menyiapkan takjil untuk berbuka. Sehingga kegiatan Tadarus Filsafat ini ditutup dengan acara buka bersama oleh seluruh peserta dan pamateri.

Seperti yang telah di usahakan oleh para Panitia, dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT kegiatan Tadarus Filsafat yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi(HMPS) Aqidah dan Filsafat telah selesai dilaksanakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *