REUNI ke-I ALUMNI PRODI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA 2023.

Sabtu, 3 Juni 2023, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam menggelar acara Reuni Akbar bagi alumni yang bertajuk “Merajut Ukhuwah Menuju Kemuliaan”.  Acara tersebut berlangsung di kediaman ketua Jurusan Ushuluddin dan Humaniora Ibu Dra. Hj. Siti Nurlaili Muhadiyatiningsih, M. Hum di Colomadu, Karanganyar. Acara ini merupakan reuni perdana dan merupakan momentum silahturahmi bagi seluruh alumni mulai dari Angkatan 2000 hingga Angkatan 2018. Selain alumni acara ini juga dihadiri oleh Dr. Yusup Rohmadi, M. Hum dan Dr. Raden Lukman Fauroni, M.Ag. beserta istri yang merupakan dosen senior di Prodi AFI. Beliau berdua menekankan para alumni untuk memperkuat ikatan antara sesama lulusan. Reuni prodi AFI memiliki potensi untuk menciptakan hubungan jangka panjang saling menguntungkan antara alumni dan prodi AFI. Harapan-harapan ini dapat mendorong terciptanya kolaborasi, pertukaran informasi dan pengetahuan, serta pengembangan prodi yang lebih baik di masa depan.

Secara khusus Dr. Yusup Rohmadi, M.Hum. menyampaikan pentingnya alumni AFI tetap bersemangat beraktifitas kreatif untuk memperkuat sendi-sendi kehidupan. Filsafat perlu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam artian selalu mencari dan melaksanakan kebijaksanaan, baik dalam rumah tangga, tempat kerja dan lainnya. Sementara itu Dr. R. Lukman Fauroni, M.Ag., menekankan pentingnya kerjasama alumni untuk membantu akreditasi Program Studi menjadi terakreditasi unggul. Seperti, Tracer study, dan pendataan alumni terkait pekerjaannya, supaya dapat memetakan alumni yg bekerja di bidang formal, infomal dan non formal, sehingga bisa untuk mengupgrade profil alumni.

Dalam sembutannya baik Dra. Hj. Siti Nurlaili Muhadiyatiningsing, M. Hum selaku tuan rumah maupun Krisbowo Laksono, M. Hum mewakili panitia mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya bagi seluruh dosen dan alumni yang hadir, dan berharap bahwa acara tersebut tidak menjadi acara reuni pertama dan terakhir, artinya mereka berharap bahwa ditahun – tahun mendatang akan terselenggara kembali acara reuni bagi alumni prodi AFI. Selaku Ketua Jurusan Ushuluddin dan Humaniora, Dra. Hj. Siti Nurlaili Muhadiyatiningsih, M.Hum., berharap reuni alumni AFI dapat memperkokoh sikap kekeluargaan dan peran alumni di masyarakat. Dalam kesempatan itu, Bu Nurlaili juga menekankan pentingnya dibentuk kepengurusan Ikatan Alumni AFI karena ketika akreditasi selalu ditanyakan oleh Asessor dan menjadi poin penilaian. Dan Krisbowo Laksono, M.Hum., dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya atas banyaknya alumni AFI yang hadir. Menurutnya, reuni prodi AFI ini menjadi awal yang baik untuk menentukan perjalanan keluarga alumni AFI kedepan dalam menyusun program lanjutan organisasi. Sesama alumni diharap saling support dan mendukung aktivitas keilmuan dan kemasyarakatan alumni.

Selain sebagai sarana silahturahmi acara reuni akbar prodi AFI juga diselenggarakan pemilihan ketua IKA Prodi AFI sebagai sarana untuk membentuk susunan keorganisasian Ikatan Alumni Prodi Aqidah dan Filsafat Islam yang memang selama ini belum terbentuk. Lewat sistem pemilihan langsung, seluruh peserta yang hadir diminta untuk menuliskan satu nama yang mereka anggap layak menjadi ketua IKA Prodi AFI, dari seluruh suara yang dikumpulkan terpilih nama Aulia Rakhmat, MIRKH., alumni Prodi AFI Angkatan 2014 sekaligus Dosen Muda di Prodi AFI memperoleh suara terbanyak, sehingga disahkan sebagai ketua IKA Prodi AFI. Dengan terbentuknya ikatan alumni tersebut diharapkan kedepannya alumni AFI dapat memiliki wadah untuk saling bertukar informasi baik mengenai infomasi beasiswa untuk studi lanjut maupun informasi lapangan pekerjaan. Selanjutnya program kerja Ikatan alumni juga diharapkan dapat berkolaborasi dalam proses akreditasi Prodi AFI. Dalam pertemuan tersebut juga direncanakan pertemuan alumni mendatang di kediaman alumni Halintar Syahreza (alumni AFI Angkatan 2013) Pondok Pesantren Ummul Qurok Boyolali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *