Bedah Buku “Menghujam dan Menghentak” #8: Menyoal Kebahagiaan Ala Albert Camus

Sukoharjo (2/9/22), HMPS AFI gelar rutinan perdana daring Bedah buku “Menghujam dan Menghentak” yang digelar pada Jum`at 2/9. Pada episode kali ini membahas “Menyoal Kebahagiaan Ala Alber Camus” yang dipantik langsung oleh penulisnya yakni, Adri Gunawan.

Diskusi perdana daring kali ini masih membahas buku “Menghujam dan Menghentak” ini menginjak pada episode #8. Pada sesi ini, dipandu langsung oleh Dimas Hani. Seperti biasanya, pada permulaanya, Moderator menanyakan latar belakang karya tersebut sehingga menuai keinginan penulis untuk diabadikan menjadi suatu karya.

Pada permulaanya, sebelum menginjak materi, pemateri menanyakan dan mengajak dialog peserta dengan mendefiniskan “apa itu kebahagiaan?”. Menariknya, dialog terus berlangsung ditengah-tengah diskusi.

Di tengah-tengah diskusi dengan mengambil analogi Camus, pemateri memaparkan “mitos sisiphus” yang dihukum oleh Zeus untuk mengangkat batu ke puncak gunung namun selangkah sebelum mencapai puncak gunung batu tersebut jatuh lagi.

Dengan itu, pemateri menggandeng para peserta untuk mencari makna “hidup” melalui analogi “mitos sisiphus” di atas. Hal tersebut menuai respon yang bervariasi dari para peserta.

Pemateri menutup diskusi dengan perkataan Albert Camus “Kau tak akan pernah Bahagia jika kau terus mencari kebahagiaan itu seperti apa. Kau pun tak akan pernah hidup jika kau masih mencari makna kehidupan. [SDH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *