Pembekalan PPL Prodi Aqidah dan Filsafat Islam 2023

Pelaksaan PPL Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta tahun 2023 bertemakan; Penguatan Pemahaman Teori Akademik Mahasiswa Dengan Konteks Kekinian (Literasi Digital, Penyuluhan Dan Pendidikan Moderasi Beragama).

Sesuai dengan profil lulusan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam FUD yang meliputi peneliti, pendidik, penyuluh/konsultan dan penggerak social budaya bidang Aqidah dan Filsafat Islam. Maka Prodi AFI melakukan pemetaan minat mahasiswa terkait profil lulusan yang ingin dicapai. Berdasar pemetaan tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa AFI Angkatan 2020 (semester 7) berminat untuk menekuni bidang pendidik Aqidah dan akhlak, peneliti dan penggerak masyarakat, dan penyuluh keagamaan. Demikian maka Prodi AFI memfasilitasi untuk pelaksanaan PPL tahun 2023 di beberapa Lembaga yang mendukung penguatan capaian profil lulusan tersebut. Antara lain, Balitbang Seamarang, LPTP Karanganyar, PP. Ummul Qurok Boyolali, dan Kemenag Sukoharjo.

Maksud pelaksanaan mata kuliah PPL ini adalah untuk memantabkan keberminatan mahasiswa atas profil lulusan yang ingin ditekuni. Dengan PPL ini mahasiswa diharapkan  lebih mengenal dan memahami konteks kehidupan (dunia kerja) sebagai ladang penerapan ilmu yang selama ini dipelajari di kampus.

Adapun tujuan pelaksanaan PPL ini adalah agar mahasiswa mendapatkan arahan, bimbingan, pembelajaran oleh praktisi yang lebih berpengalaman sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung terkait peluang, tantangan, ancaman, dan kemampuan yang harus disiapakan dalam menapaki profil lulusan yang ingin dicapai. 

Dan sebelum mahasiswa diterjunkan ke lapangan, mahasiswa peserta PPL Prodi AFI terlebih dahulu diberikan pembekalan oleh Prof. Benny Ridwan, M.AG. bahwa untuk penguatan teori akademik mahasiswa harus mengerti 4 hal; 1. Academic problem, 2. Academic milieu, 3. Academic value 4. Academic attitude. Dengan pemahaman yang baik mengenai 4 hal tersebut diharapkan mahasiswa berhasil memaksimalkan fungsi program PPL sebagai pembelajaran guna mencapai profil lulusan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *