Penguatan Tradisi Ilmiah & Akhlakul Karimah sebagai Karakteristik Kaum Akademisi dalam Berorganisasi

HMPS AFI (2022) – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN Raden Mas Said Surakarta pada kemarin Sabtu (5/2) memberlangsungkan kegiatan berjudul Penguatan Kelembagaan Kemahasiswaan dengan tema “Menjaga Tradisi Ilmiyah & Akhlakul Karimah” di Pantai Sepanjang, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para jajaran Dekan, Kaprodi, seluruh civitas akademika dan keterwakilan delegasi ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, mulai dari Sema-F, Dema-F, HMPS AFI, HMPS IAT, HMPS PI, HMPS TP, HMPS KPI, HMPS BKI dan HMPS MD.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. Islah Gusmian, M.Ag selaku dekan FUD dalam pembukaannya, kegiatan tersebut bertujuan utama guna mempererat tali silaturahmi sekaligus membangun untuk koordinasi, baik antar fakultas dengan ormawa, kaprodi dengan HMPS, maupun antar HMPS dengan HMPS sebagai langkah awal untuk tetap merawat dan melestarikan tradisi ilmiyah dan akhlakul karimah sebagai kaum akademisi.

Selanjutnya, dalam materi inti yang disampaikan oleh Zaenal Muttaqin, S.Ag, M.A., Ph.D, selaku wakil dekan II (FUD), menekankan bahwa eksekusi-eksekusi kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya oleh masing-masing ormawa FUD harus bersesuaian dan merupakan aktualisasi dari visi besar FUD, yakni: unggul dalam kajian Islam, sosial, humaniora yang terintegrasi dengan kearifan lokal di level Asia Tenggara pada 2034.

Ini tentu menjadi lecutan semangat, yang di sisi lain juga merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh masing-masing ormawa FUD dalam tiap-tiap kegiatan yang akan diagendakan nantinya. Termasuk bagi Prodi AFI yang juga mempunyai visi besar unggul tidak hanya dalam studi ilmu aqidah dan filsafat, tetapi unggul pula dalam studi ilmu sosial dan budaya yang berbasis kearifan lokal dengan distingsi “Filsafat Islam Jawa” sebagai upaya selain mensukseskan visi besar Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) juga merupakan upaya menyongsong tercapainya scientific vision UIN Raden Mas Said Surakarta.

Serangkaian kegiatan berlangsung cukup santai, tetapi tetap serius dan khidmat. Tak lupa, pesan-pesan juga disampaikan dengan komunikatif oleh masing-masing kaprodi guna memotivasi para mahasiswa yang hadir dan tergabung dalam ormawa FUD, yang kemudian disambung dengan penyampaian langkah ideal dari tiap-tiap ormawa FUD guna membangun koordinasi dan kerjasama yang baik di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Sebelum go to home, kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Sepanjang tersebut kemudian diakhiri dengan outbond bersama. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *