Pembekalan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam 2023

Sesuai dengan kurikulum Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah bahwa mahasiswa berkewajiban menyelesaikan mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL), maka Prodi AFI memfasilitasi perkuliahan KKL tersebut dengan cara mendekatkan mahasiswa secara langsung kepada obyek material perkuliahan (situs, narasumber, bukti sejarah, dan sebagainya). Tema perkuliahan KKL Prodi AFI 2023 adalah Moderasi Beragama dan Kesatuan NKRI, demikian sangat tepat mahasiswa melaksanakan KKL di Lasem Rembang – Kota santri yang merupakan titik temu kebudayaan dari beragam etnik, agama dan suku.

untuk memperlancar pelaksanaan kuliah kerja lapangan, mahasiswa diberi pembekalan teori keilmuan mengenai moderasi, budaya dan nasionalisme kebangsaan oleh Dr. Mibtadin Anis, M.Hum (Alumni Prodi Aqidah dan Filsafat Islam/ Dosen UNS).

KKL AFI di Lasem Rembang bertujuan untuk membekali mahasiswa berupa paradigma kelimuan yang sarat pemahaman fakta lapangan bahwa kesatuan NKRI ditopang oleh kebhinekaan. Diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung mengenai moderasi beragama dan kondisi real pentingnya kesatuan NKRI yang berada dalam masyarakat Lasem Rembang yang notabenenya multi etnik dan multi kultur, sebagai penguatan teori yang telah dipelajari di Kampus.

Dan pasca pelaksanaa KKL ini mahasiswa dapat lebih mempraktekan beragama yang moderat dan peduli akan kesatuan NKRI, dan mampu membuat laporan karya tulis yang layak publikasi sebagai pertanggungjawaban akademik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *