Pembekalan PPL AFI 2021 Usung Tema “Peran Profil Lulusan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam pada Masa Pandemi Covid-19”

Sukoharjo, 6/9/21 – Tepat pada hari Senin, 6 September 2021 Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta usai menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara berlangsung dari pukul 08.30 WIB dan diawali dengan Pidato Pembukaan (Opening Speech) oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Dr. Islah, M.Ag.

Tema yang diusung dalam acara tersebut adalah “Peran Profil Lulusan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam pada Masa Pandemi Covid-19” dengan tujuan agar mahasiswa peserta PPL dapat mendalami profil lulusan Program Studi yang menjadi keminatan; baik sebagai Peneliti Bidang Ilmu Akidah dan Pemikiran Islam, Pendidikan Ilmu Aqidah Akhlak, Penyuluh/Konsultas Agama Islam, maupun Penggerak Sosial Budaya Masyarakat. Oleh karenanya penempatan lokasi PPL AFI 2021 menyesuaikan keminatan mahasiswa terhadap ke-empat profil lulusan Prodi.

PPL Tahun 2021 ini Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam bekerjasama dengan berbagai lembaga sebagai tempat PPL, yaitu: Balitbang Agama Semarang, LPTP Surakarta, Rumah Budaya Kratonan (RBK), KUA Kec. Baki, KUA Kec. Gatak, KUA Kec. Grogol, KUA Kec. Kartasura, PP. Darul Afkar Klaten, PP. Ummul Qurok Boyolali, dan PP. Walisongo Sragen.

Adapun narasumber pertama ialah Ketua Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta, Rahadi, S.Pd. yang berbicara tentang “Peran Profil Lulusan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam; Penggerak Sosial Budaya Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19.” Sedangkan narasumber kedua merupakan Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta, Halintar Shah Reza, ME., S.Ag., S.H., M.H., M.Pd. dengan konsentrasi pembahasan seputar “Peran Profil Lulusan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam; Pendidik Akidah Akhlak pada Masa Pandemi Covid-19”.

            Acara yang dipandu oleh moderator Mamluatur Rahmah, M.Ag. tersebut diakhiri dengan pidato penutup (Closing Speech) oleh Kaprodi Aqidah dan Filsafat Islam, Dra. Hj. Siti Nurlaili M, M.Hum. dan menjelaskan teknis pelaksanaan PPL AFI 2021 pada masa Pandemi saat ini, termasuk di dalamnya pembagian lokasi PPL dan Dosen Pembimbing Lapangan. Terakhir Kaprodi AFI berpesan kepada mahasiswa, dikarenakan PPL ini berkerjasama dengan lembaga lain maka diharapkan tetap menjaga nama baik kampus dan agar pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan aman diharapkan para peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. [AHM]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *