Bedah Buku “Menghujam dan Menghentak” #4: Ihwal Filsafat dan Sains

Sukoharjo (10/8), HMPS AFI kembali gelar rutinan Bedah buku “Menghujam dan Menghentak” yang digelar pada Selasa, 10/8 melalui daring via G-Meet. Pada episode kali ini membahas “Ihwal Filsafat dan Sains” yang dipantik langsung dari penulisnya yakni, Siti Rohmatul Azizah.

Pemantik secara ciamik membawakan materinya yang dimulai dengan pengalaman fantastisnya perihal filsafat. Pengalamannya bertemu dengan kakak tingkat mahasiswa AFI yang menitipkan pesan kepadanya kurang lebih “anda tersesat di jalan yang benar”. Pesan kating tersebut menjadi suatu dilema bagi dirinya namun juga menjadi titik tolak perjalanan intelektualnya dalam pengembaraan ilmu pengetahuan.

Pada permulaan, pemateri mengajukan pertanyaan serta mengajak para peserta untuk berdiskusi secara aktif tentang ‘apa itu integrasi?’Selanjutnya, pemateri menekankan berfikir kritis, logis dan sistematik dengan harapan dapat memaksimalkan segala potensi yang Tuhan berikan kepada manusia.

Pemantik juga mengulas keterkaitan filsafat dan sains, baginya kedua hal tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi. Juga dipaparkan mengenai peran konkrit dari filsafat dan sains itu sendiri.

Seperti biasanya, diskusi dilanjut dengan sesi tanya jawab. Semoga diskusi seperti ini tetap langgeng dan istiqomah. [SDH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *